" Manfaat Seledri yang selama ini kita abaikan...!!!!"



"Bang Baso, jangan pakai seledri ya !, atau
"Bubur 1,.... jangan pakai seledri "
"Bu, Sopnya jangan pakai seledri ya.."

Seberapa seringkah anda mendengar kalimat itu kita dengar pada saat "kongkow" di Penjual Baso, Penjual Bubur ayam, Penjual Soto dan penjual-penjual lainnya bahkan didapur kita ?. Tapi tahukah Anda bahwa Sayur-sayuran ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Daun seledri dalam basah latinya dikenal dengan nama Apium Graveolen adalah sayuran sahabat Ibu-Ibu Rumah Tangga dalam memasak khusunya dalam memasak Sop, sehingga tidaklah mengherankan jika daun ini juga terkenal dengan nama Daun Sop. Kandungan senyawa di dalam sayuran ini berasal dari senyawa yang disebut coumarin. Coumarin adalah senyawa yang membantu dala proses mengurangi senyawa radikal bebas yag merusak tubuh sehingga dapat mencegah mutasi sel dan pertumbuhan Kanker, selian itu senyawa ini juga dapat mempercepat regenerasi sel darah putih yang pastinya akan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Kandungan lain didalam sayuran ini adalah mengandung banyak vitamin yakni vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan Vitamin K yang dapat digunakan untuk mencegah atau untuk mengobati beberapa penyakit. Berikut adalah manfaat Daun Seledri bagi kesehatan kita :

1. Menambah kekebalan tubuh
2. Kandungan multivitamin yang terdapat pada daun seledri berfunsi sebagai antioksidan mampu menambah kekebalan tubuh..
3. Menenangkan saraf kandungan kalsium yang tinggi yang terdapat dalam daun ini di percaya mampu menenangkan saraf.
4. Membantu dalam perbaikan gigi.
5. Mencegah penyakit ginjal,
6. Memperkuat fungsi hati,
7. Melancarkan peredaran darah
8. Menambah nafsu makan
9. Mencegah sembelit,
10.Mencegah asma,
11.Menurunkan tekanan darah,
12.Pencegah anemia,
13.Mencegah obesitas
14.Membantu menjaga kelenturan aktifitas otot.
15.Memperlambat proses penuaan dini.
16.Masuk angin
17.Diare.
18.Tekanan Darah Tinggi
19.Vertigo, Rematik, Asam Urat, Alergi, Batuk, dll

Berikut adalah sebagian cara mengolah daun seledri yang dapat digunakan untuk menyebuhkan peyakit:

1. Menurunkan berat badan berlebih/obesitas
Olah daun seledri menjadi jus, minumlah sebelum makan. Lakukan cara ini secara rutin hingga berat badan yang ideal terwujud.

2. Mengobati rematik
Untuk mengobati penyakit ini, daun seledri bisa dijadikan lalapan secara rutin. Tentunya daun seledri harus dalam keadaan bersih dan segar.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Untuk mengobati penyakit ini caranya adalah siapkan daun seledri sekaligus sama batang dan akarnya kurang lebih 100 g, cuci ramuan ini hingga bersih terus tumbuk hingga halus. Tambahkan 100 ml air putih, lalu masak ramuan hingga matang. Minumlah ramuan ini 2 x sehari

4. Untuk meredakan batuk
Siapkan seledri lengkap dengan akar dan batangnya yang masih segar dan masih segar, dipotong-potong hingga menjadi bentuk bumbu. Tambahkan 3 gelas air putih lalu dimasak sampai mendidih. Saringlah airnya dan biarkan hingga dingin, lalu tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan tersebut pagi dan sore atau menurut kebutuhan.

5. Mengobati mata kering
Siapkan daun seledri, daun bayam dan daun kelor yang masih segar, kira-kira 1/3 genggam, Cuci hingga bersih, Tumbuk sampai halus ramuan yang sudah kita siapkan tersebut, dan jangan lupa dicampur dengan sedikit garam dapur.Tambahkan dengan sedikit air matang kira-kira 1/3 gelas , Aduk, kemudian saring dan ambil airnya. Minum air perasan tersebut 3x sehari

Itulah manfaat Daun Seledri bagi kesehatan kita, selian mudah ditemukan, murah ternyata membuat obat dari daun ini relatih mudah dan sederhana. Jadi.... Berpikilah 1000 kali untuk berkata "JANGAN" pada penyedap masakan ini.

Semoga bermanfaat...
Back To Top