Diet Saat Bulan puasa

Diet Saat Bulan Puasa


Diet merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang mengalami kelebihan berat badan. Biasanya diet dilakukan pada saat hari-hari biasa , lalu bagaimana cara untuk melakukan diet pada saat bulan puasa.

Diet saat puasa adalah waktu yang tepat, karena makan yang hanya dibatasi sebanyak dua kali per hari (yaitu waktu buka puasa dan sahur) dapat membantu Anda mengontrol asupan makanan. Namun ingat, jangan makan berlebihan saat buka puasa dan sahur.

Diet Saat Bulan Puasa

Saat bulan puasa kita tetap harus menjaga kesehatan salah satunya dalam menjaga berat badan. Bagi kaum hawa bulan ini merupakan kesempatan untuk menurunkan berat badan akan tetapi masih banyak yang salah dalam melakukan diet pada saat bulan puasa.

Berikut beberapa penjelasan mengenai cara diet pada saat bulan puasa yang efektif dan benar :

1. Mengatur Pola Makan


Pada saat berbuka puasa terkadang kita tidak memikirkan porsi yang kita konsumsi, biasanya kita memakan apa saja yang ada di depan mata kita .Pada strategi diet ini kita harus mampu menahan nafsu makan yang berlebih , pada saat berbuka dan sahur porsi makanan yang kita konsumsi antara karbohidrat, protein, dan lemak harus sesuai yakni 45% karbohidrat, 30% protein, dan 25% lemak. Porsi tersebutlah yang akan memaksimalkan kita dalam program penurunan berat badan pada saat puasa

2. Mengurangi makanan yang mengandung gula


Pada saat bulan puasa tradisi atau kebiasaan masyarakat yaitu mengkonsumsi makanan yang manis seperti kolak, kue, sirup , manisan, dan lain-lain. Hal tersebut akan menyebabkan gula darah yang berlebih dan kandungan glikogen di dalam otot juga akan meningkat. Dengan demikian gula darah yang berlebih akan menumpuk menjadi lemak dalam tubuh. Sebaiknya pada saast melakukan diet kita mengurangi mengkonsumsi yang tinggi gula agar mendapatkan berat badan yang ideal.

3. Perbanyak Minum Air Putih


Tidak dipungkiri air putih mengandung banyak khasiat bagi tubuh kita , air putih mampu meningkatkan proses pencernaan. Sehingga dianjurkan untuk seseorang yang berpuasa mengkonsumsi 1-2 liter perharinya agar tidak kekurangan dan dehidrasi apalagi yang melakukan program diet di bulan puasa tersebut.

4. Menghindari Makanan yang Mengandung Kolesterol


Salah satu penyebab lemak tertumpuk karena mengkonsumsi terlalu banyak kolesterol . Apalagi di bulan puasa biasanya setelah tarawih perut merasa lapar. Kebiasaan buruk masyarakat Indonesia menahan rasa lapar tersebut dengan mengkonsumsi gorengan. solusi untuk hal tersebut yaitu mengganti gorengan dengan mengkonsumsi buah-buahan segar untuk menahan rasa lapar. Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak serat akan memberikan hasil yang maksimal saat kita melakukan diet di bulan puasa.

5. Tidak Tidur Setelah Sahur


Cara Diet Saat Bulan Puasa yang selanjutnya adalah tidak tidur setelah sahur. Setelah sahur biasanya akan membuat kita mengantuk dan memutuskan untuk tidur.Dimana sistem pencernaan mulai bekerja untuk menghasilkan energi .Jika kita tidur setelah sahur justru akan menghambat sistem kerja pencernaan dan menghambat proses pembakaran lemak di dalam tubuh . Untuk mengatasi masalah tersebut kita dapat melakukan aktivitas-aktivitas agar kita tidak mengantuk seperti membersihkan rumah , atau pun jalan-jalan menghirup udara segar di luar rumah.

Hal-Hal yang Menyebabkan Naiknya Berat Badan Saat Bulan Puasa


1. Malas beraktivitas


Pada bulan puasa umumnya orang-orang akan malas untuk melakukan aktivitas , biasanya orang-orang tersebut menghabiskan harinya untuk menonton televisi , bermain gedget , dan tidur. Hal tersebut sangat tidak baik untuk tubuh , karena tubuh harus mengeluarkan keringat setiap harinya untuk menyeimbangkan homeostatis tubuh selain itu energi yang kita dapatkan pada saat sahur akan tertumpuk menjadi lemak hal tersebut yang akan mengakibatkan berat  badan naik.

2. Makan terlalu banyak saat berbuka


Rasa lapar pada saat bulan puasa sangat wajar , sehingga seseorang berbuka dengan berlebihan tidak sesuai dengan porsi yang seharusnya. Biasanya orang mengkonsumsi makanan dalam 1 piring masih mengkonsumsi makanan yang lainnya seperti kue, cemilan yang akan menyebabkan perut terasa penuh. Hal seperti itulah justru yang akan membuat berat badan kita naik , alangkah baiknya kita makan pada saat berbuka dengan porsi yang sesuai cukup air , 1 porsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan protein.

3. Tidak berolahraga


Saat berolahraga biasanya malas untuk melakukan aktivitas salah satunya yaitu olahraga , seseorang lebih memilih untuk kembali tidur setelah melakuakan sholat subuh daripada berolahraga. Olahraga masih tetap diperlukan meskipun dalam keadaan sedang berpuasa akan tetapi olahraga yang dilakukan juga harus tepat seperti jalan kaki di pagi hari , dianjurkan untuk melakukan olahraga yang berat pada saat bulan puasa.

Demikian beberapa informasi tentang diet saat bulan puasa yang tentunya aman untuk anda coba.
Back To Top