Cara Mengatasi Perut Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung


Perut kembung terjadi ketika bagian ini meregang, bengkak, dan membuat seseorang tidak nyaman.
Beberapa bahan alami di bawah ini bisa menghilangkan perut kembung tanpa harus ke dokter:

Jahe


Jahe mampu mempercepat pencernaan sehingga gas bisa bergerak lebih cepat menuju usus kecil. Fungsi ini amat berguna untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dan kembung dalam perut. Selengkapnya kamu bisa baca artikel manfaat jahe untuk kesehatan ya.

Jintan dan minyak peppermint


Kombinasi dari jintan dan minyak peppermint juga dianggap bisa mengatasi perut kembung. Campuran kedua bahan tersebut merupakan bahan aktif yang mampu membantu mereka yang memiliki riwayat penyakit maag.

Minuman probiotik


Probiotik yang merupakan bakteri baik juga dianggap bisa membantu sistem pencernaan dan mengurangi gas berlebih di perut. Beberapa bahan alami yang mengandung bakteri baik di dalam usus ini adalah yogurt, kefir, tempe, dan kimchi.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Ada banyak penyebab perut mengalami kembung, di antaranya:

1. Mengalami sembelit.

2. Angin berlebih pada perut.

3. Menelan udara, biasanya terjadi ketika makan sambil berbicara.

4. Menderita Penyakit Celiac.

5. Intoleransi terhadap makanan tertentu.

6. Menderita sindrom iritasi pada usus besar.


Beberapa cara mencegah perut kembung


Beberapa cara mudah di bawah ini mungkin sepele namun bisa jadi berperan penting dalam mencegah terjadinya perut kembung:

Makan dengan pelan


Makan terlalu cepat dan tidak mengunyahnya dengan baik bisa membuat makanan lebih sulit dicerna dalam lambung. Inilah yang kemudian bisa menyebabkan perut kembung.

Batasi konsumsi minuman berkarbonasi


Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkarbonasi mungkin akan menyebabkan terperangkapnya gas di perut dan perut kembung. Jika memungkinkan, gantilah dengan minum air dengan campuran lemon, jeruk nipis, atau mentimun.

Batasi asupan sodium


Makanan olahan dengan kandungan tinggi sodium (komponen dalam garam, biasanya pada makanan yang diawetkan) dan rendah serat mungkin bisa menyebabkan perut terasa kembung.

Demikian beberapa informasi tentang cara mengatasi perut kembung, semoga bermanfaat
Back To Top