Luar Biasanya Manfaat Buah Sirsak




Luar Biasanya Manfaat Buah Sirsak





1. Mencegah penuaan kulit

Manfaat buah sirsak dari segi kecantikan salah satunya adalah mencegah penuaan kulit. Kandungan asam askorbat dan vitamin C nya yang tinggi berfungsi sebagi antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini dengan baik.


2. Mencegah Kanker

Selain itu, buah sirsak juga bermanfaat dalam pencegahan terhadap kanker. Hal ini karena kandungan fitokimia yang ada pada buah sirsak yang mampu menangkal virus dan radikal bebas. 


3. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Disamping memiliki antioksidan yang cukup tinggi, buah sirsak juga mengandung zat tembaga yang sangat berperan dalam penyerapan kalsium pada tulang, sehingga kesehatan tulang tetap terjaga. 


Luar Biasanya Manfaat Buah Sirsak
Luar Biasanya Manfaat Buah Sirsak


4. Meningkatkan Energi

Bagi anda yang memiliki aktivitas padat, anda tentunya tidak ingin tubuh anda menjadi lelah dan kurang bertenaga. Kandungan thiamin yang ada dalam buah sirsak dapat meningkatkan energi. 


5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah sirsak selanjutnya yang tak kalah penting adalah menurunkan kadar kolesterol. Buah sirsak mengandung serat yang berguna untuk menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh


6. Mengatasi Sulit Buang Air Kecil

Kandungan zat yang ada pada buah sirsak juga dapat menjadi obat bagi anda yang sulit buang air kecil. Disamping itu, buah sirsak juga bisa mengatasi haematuria atau tercampurnya urin dengan sel darah putih. 


7. Mengatasi Mual Muntah

Tidak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, tetapi biji sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Dalam biji buah sirsak terdapat zat emesis yang baik untuk mengatasi rasa mual dan muntah.


8. Meredakan Migrain

Manfaat buah sirsak lainnya dari segi kesehatan yaitu meredakan penyakit migrain atau sering dikenal dengan sakit kepala sebelah. Dalam hal ini yang berperan meredakan migrain adalah kandungan riboflavin dalam buah sirsak.


9. Mengobati Ambeien

Ambeien adalah salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan buah sirsak. Cara mengolahnya yaitu dengan mengambil air dari buah sirsak sebanyak satu gelas, kemudian diminum secara rutin 3 kali dalam seminggu. 


10. Mengatasi Diare Pada Bayi

Pada bayi yang terkena diare, buah sirsak cukup bisa diandalkan. Cara memanfaatkan buah sirsak untuk diare adalah dengan mengambil air buah sirsak, kemudian berikan pada bayi yang mengalami diare.


11.  Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat lainnya dari buah sirsak adalah meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Zat muricapentocin dan acetogenins dalam buah ini lah yang berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak rentan terhadap penyakit.


12. Menyehatkan Jantung

Aterosklerosis atau penebalan arteri jantung dapat menghambat peredaran darah ke jantung. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah sirsak diyakini para ahli mampu mengatasi aterosklerosis tersebut. 



Luar Biasanya Manfaat Buah Sirsak


13. Mencegah Anemia

Anemia sering dialami bagi orang yang kekurangan zat besi dalam tubuhnya. Dan buah sirsak mampu mengatasinya dengan baik asalkan dikonsumsi secara teratur.


14. Meningkatkan Kerja Otak

Buah sirsak dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya kerja otak agar menjadi optimal. Dengan demikian otak akan lebih fokus dan mudah mengingat sesuatu. Selain itu, tiamin pada buah sirsak juga sangat baik untuk mengatasi stres.


15. Mencegah Katarak

Katarak umumnya dialami pada usia lanjut. Dengan mengonsumsi buah sirsak secara teratur, dapat mencegah terjadinya penyakit rabun dan katarak.


16. Mengatasi Anyang-Anyangan

Manfaat buah sirsak berikutnya adalah mengatasi anyang-anyangan. Cara membuat ramuannya yaitu, campurkan gula dan buah sirsak, kemudian rebuslah hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut secara rutin.


17. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Buah sirsak mengandung riboflavin yang berfungsi meningkatkan priduksi hemoglobin, sehingga oksigen dapat mengalir dengan lancar ke seluruh organ tubuh. 


18. Mengatasi Nyeri Kandung Kemih

Buah sirsak juga sangat efektif untuk mengatasi nyeri kandung kemih. Campurkan buah sirsak dengan gula dan garam secukupnya, kemudian konsumsilah secara teratur hingga rasa nyeri pada kandung kemih hilang. 


19. Mengatasi Penyakit Liver

Penyakit liver dapat diatasi secara alami, salah satunya dengan menggunakan buah sirsak. Anda dapat menjadikan sirsak sebagai jus. Dengan mengonsumsinya secara rutin, penyakit liver akan dapat disembuhkan.


20. Mengatasi Diabetes

Selain mengatasi penyakit liver, buah sirsak juga dapat mengatasi diabetes. Hal ini dikarenakan buah sirsak mengandung gula yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. 


21. Bagus Untuk Pencernaan

Manfaat kesehatan lainnya dari buah sirsak adalah untuk organ pencernaan. Dibantu dengan vitamin B12, buah sirsak dapat melindungi usus dan sistem pencernaan agar tetap berfungsi dengan baik. 


22. Menghilangkan Bisul

Walaupun tergolong penyakit ringan, bisul tidak bisa dianggap remeh karena menimbulkan nyeri yang cukup mengganggu. Bisul dapat diobati dengan bahan alami, salah satunya dengan buah sirsak.


23. Mengatasi Penyakit Kulit

Jika anda terkena penyakit kulit, tentunya rasa percaya diri anda akan menurun. Untuk itu anda dapat memanfaatkan sirsak. Kali ini yang dimanfaatkan adalah daunnya. Tempelkan daun sirsak yang telah dihaluskan ke bagian kulit yang bermasalah hingga mengering. Lakukan berulang kali sampai membuahkan hasil.


24. Mengatasi Ketombe

Buah sirsak juga tak kalah ampuh dalam mengatasi ketombe. Karena kandungan anti parasit, buah yang satu ini mampu mengatasi ketombe dan gatal pada kuit kepala dengan cepat 


25. Mencegah Rambut Rontok

Selain ampuh untuk mengatasi ketombe, dengan kandungan vitamin C yang tinggi didalamnya, buah sirsak juga dapat digunakan untuk mencegah rambut rontok


26. Menghilangkan Kutu Rambut

Manfaat berikutnya dari buah sirsak adalah menghilangkan kutu rambut. Caranya, ambil daun sirsak kemudian haluskan dan tempelkan secara merata pada rambut dan kulit kepala. 


27. Membersihkan Paru-Paru

Khusus untuk perokok, buah sirsak dapat membantu membersihkan paru-paru dari zat zat berbahaya. Maka jika anda seorang perokok berat, rajinlah mengonsumsi buah sirsak, untuk mengurangi efek negatif dari rokok.




Luar Biasanya Manfaat Buah Sirsak

Back To Top