Cara Budidaya Binahong yang Baik dan Mudah


Binahong merupakan tanaman rambat yang mempunyai banyak khasiat dan manfaat. Tanaman ini banyak ditemui dipekarangan rumah, kebun kecil atau pun didalam pot. Cara budidaya binahong terbilang mudah dan praktis. bahkan tanaman ini bisa ditanam dalam pot atau gelas plastik bekas air mineral.

Sudah banyak blog dan website yang memposting khasiat dan Manfaat dari tanaman binahong ini. Banyak juga artikel yang membahas tentang Cara membuat obat dari Daun Binahong. Jadi kali ini saya akan membahas bagaimana cara membudidayakan tanaman obat yang punya khasiat manjur ini.

Pada perumahan yang lahan tanahnya sangat minim bisa digunakan didalam pot yang berukuran sedang. Ditanam di beberapa pot misal 3 pot saja, sudah bisa memperindah bagian depan rumah juga menjaga kesehatan anda. Caranya cukup mudah, hanya dengan membeli 3 pot plastik dan 1 roll tali kalas. Tapi dalam pembahasan kali ini saya memanfaatkan bahan yang cukup mudah pula.



Cara Menanam Tanaman Binahong

Untuk Cara budidaya binahong terbilang mudah dan tidak memerlukan banyak syarat. Asalkan perawatan saat sesudah menanam dan sebelum mananam itu sesuai dan rutin. Binahong dapat tumbuh di mana saja. Asalkan tanah untuk media tanam nya gembur, banyak mengandung zat hara dan juga subur. Terlebih lagi memiliki kandungan Ph yang sesuai dan tidak berlebih.

Berikut kami berikan informasi tentang cara menanam binahong yang mudah, praktis dan bisa anda terapkan di rumah :



Pemilihan Bibit Binahong

Untuk Bibit binahong bisa didapatkan secara vegetatif melalui pemotongan tunas akar atau yang biasa kita sebut dengan stek batang. Lalu kemudian, tunas akar atau stek batang ini dipindah dan ditanam di atas media tanah dalam polybag.

Sebaik nya Bibit yang akan ditanam mimiliki keadaan yang baik dan sehat. Berikut ciri-ciri pohon yang sehat yaitu batang, daun, akarnya yang selalu tampak segar dan tidak menimbulkan tanda kecacatan sedikitpun.


Pengolahan Lahan dan Penanaman Binahong

Sesudah tumbuh akar pindahkan binahong dari poly bag ke ladang tanam. Sebelum itu buat beberapa lubang cangkulan tanah yang berbentuk persegi dengan ukuran Panjang 30 cm x Lebar 30 cm x Tinggi 30 cm. Pada bagian dasar dari lubang tanam tersebut di tebar pupuk kandang Dengan takaran 1/3 dari ukuran lubang tanam itu sendiri.

Lalu pindahkan bibit tanaman binahong vegetatif yang ada pada polybag ke dalan lubang tanam dan tutup lubang tersebut dengan tanah. Terakhir, siram binahong secara rutin selama 1 bulan. Ketika mencapai umur 1 bulan, kurang takaran penyiraman binahong.


Perawatan Dasar Tanaman Binahong

Untuk Perawatan tanaman ini tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya. Cukup lakukan penyulaman, pembersihan gulma, penggemburan ahan, penyiraman dan pemupukan secara ruti dan teratur. Untuk proses penyulaman ini dilakukan dua minggu setelah proses penanaman dimulai.

Sedangkan untuk penggemburan lahan dilakukan dengan tujuan agar sistem pengedaran oksigen dan aerasi di dalam tanah menjadi lebih bagus dan berkualitas. Buat lubang kecil-kecil pada sekitaran tanaman menggunakan cangkul. Untuk mempermudah penyerapan air sehingga tanaman akan terlihat lebih sehat dan bugar.

Ikatkan tali pada batang kayu tersebut sebagai sambungan perambatan batang binahong. Lalu, pada tiang rambatan. Karena batang akan terus merambat hingga lebat. Hingga anda bisa memetik dan memanfaat kan nya untuk obat – obatan tradisional.



Semoga bermanfaat
Back To Top