Keliru, Begini Lho 4 Cara Membersihkan Telinga yang Benar..!

Keliru, Begini Lho 4 Cara Membersihkan Telinga yang Benar..!


Telinga merupakan salah satu organ indra yang harus senantiasa dijaga dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan telinga luar dan dalam. Namun sayang, sampai saat ini tetap saja ada orang yang memiliki pemikiran keliru perihal membersihkan telinga. Sebagian besar masih menganggap bahwa cara membersihkan telinga yang efektif adalah dengan menggunakan cotton bud.

Padahal, menurut ilmu medis, sejauh ini hal tersebut belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Bahkan beberapa ahli justru mengklaim bahwa penggunaan cotton bud tidaklah efektif dan dapat membahayakan telinga. Jika memang demikian, lantas sebenarnya bagaimana sih cara membersihkan telinga yang baik dan benar? Dan apa saja hal yang sebaiknya harus diketahui setiap orang sebelum membersihkan telinga..?



Nah, untuk menjawab  pertanyaan ini, yuk simak penjelasan berikut.

Ketahuilah kalau telinga mempunyai sistem sendiri dalam membersihkan kotoran

Yup, nyatanya tanpa kamu bersihkan menggunakan cotton bud atau obat tertentu, telinga sudah bisa merawat kebersihannya sendiri. Telinga akan memproduksi earwax yang berfungsi untuk melindungi saluran telinga dari kotoran, infeksi bakteri, serangga, dan benda asing lainnya.

Sebab earwax mempunyai sifat yang lengket sehingga mampu menjebak semua benda asing tertahan di dalam strukturnya.

Tanpa disadari, ketika kamu menggerakkan rahang, earwax secara otomatis sedang membersihkan kotoran yang terdapat di saluran telinga. Aktivitas yang membuat rahang bergerak seperti berbicara dan mengunyah dengan sendirinya akan mendorong earwax keluar perlahan-lahan dari saluran telinga sambil membawa kotoran yang sudah terperangkap. Karena wujudnya yang berupa cairan kuning, earwax malah seringkali dianggap orang sebagai kotoran.

Membersihkan telinga menggunakan cotton bud adalah tindakan yang berbahaya

Saat kamu menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga, tanpa sadar kamu bisa saja mendorong earwax masuk ke saluran telinga bagian dalam. Apabila ini terjadi, maka earwax akan tertanam dan mengalami kesulitan untuk keluar dari rongga telinga. Sehingga bakteri dan kotoran yang terperangkap di earwax akan menginfeksi bagian dalam telinga dan mengganggu kesehatan indera pendengaranmu.

Bila menggunakan cotton bud itu tergolong berbahaya, lantas bagaimana cara membersihkan telinga yang baik dan benar? Tenang, ada 4 cara membersihkan telinga yang benar dan efektif untuk kamu lakukan. Dan empat cara tersebut bisa kamu simak dibawah ini.

1. Biarkanlah telinga sendiri yang membersihkan kotoran

Membiarkan sistem yang ada pada telinga bekerja sesuai dengan peruntukannya sejauh ini adalah cara membersihkan telinga yang paling efektif untuk kamu lakukan. Ingat, Tuhan sudah menciptakan alat pendengaran bersama dengan serangkaian sistem yang dapat menjaganya agar tetap berfungsi. Oleh karena itu, satu-satunya hal yang perlu kamu lakukan adalah membiarkan sistemnya bekerja dengan baik. Nanti ketika sistemnya sudah tidak lagi berfungsi optimal, baru itu kamu bisa menempuh sejumlah cara yang lain seperti halnya 3 cara berikut ini.


2. Menggunakan obat tetes telinga

Biasanya earwax tidak dapat keluar dari saluran telinga karena telah mengeras dan menjadi kerak. Maka dari itu, gunakanlah obat tetes telinga untuk melunakkannya. Tetes telinga bisa kamu dapatkan dengan mudah di berbagai apotek yang tersebar di apotek. Masukkanlah beberapa tetes obat telinga ke dalam saluran telingamu yang bermasalah.Setelah itu tunggu beberapa saat dan biarkan obatnya bekerja.

Miringkan kepalamu ke arah yang sesuai dengan bagian telinga yang bermasalah. Jika kotorannya masih tidak keluar, maka pancinglah menggunakan air. Masukkan beberapa tetes air ke dalam saluran telinga tadi dan segeralah langsung miringkan kepalamu begitu airnya masuk. Bila dilakukan dengan benar, maka niscaya air akan keluar bersamaan dengan earwax dan kotoran yang sudah melunak.

3. Gunakan baby oil

Serupa dengan obat tetes telinga, baby oil juga dapat melunakkan earwax dan kotoran yang ada di telinga. Namun, perbedaannya adalah baby oil membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bekerja. Pasalnya, baby oil hanya berfungsi untuk melembapkan bagian dalam telinga. Sehingga, harapannya, earwax ataupun kotoran yang terdapat di dalam saluran telinga lambat laun akan melunak dan keluar dengan sendirinya. Itulah sebabnya kamu harus menggunakan baby oil secara rutin agar bisa membuahkan hasil. Selain baby oil, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun lho.

4. Konsultasi dan berobat ke dokter ahli

Apabila semua cara tadi nampaknya tidak dapat menunjukkan hasil yang signifikan, maka cara terakhir adalah datang dan berkonsultasilah ke dokter. Periksakan telingamu dan mintalah dokter ahli untuk segera mengeluarkan kotoran yang selama ini mengganggu pendengaran kamu. Jangan lupa juga untuk menanyakan kiat-kiat supaya kotoran telinga tidak lagi menumpuk dan menganggu alat pendengaranmu.

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan tentang topik cara membersihkan telinga. Lain kali ketika kamu merasa ada kotoran yang mengganggu saluran telingamu, maka sebisa mungkin kamu hindari mengeluarkan kotoran tersebut menggunakan cotton bud. Sebaiknya, gunakanlah obat tetes telinga, baby oil, ataupun minyak zaitun untuk mengeluarkan kotoran dari telingamu. Pergilah konsultasi ke dokter bila masalah kotoran di telingamu tak kunjung membaik.

Semoga Bermanfaat Ya Bunda

Back To Top