Berbagai Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Terbaru




Berbagai Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Terbaru




1. Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi

Manfaat air kelapa muda yang pertama yakni mencegah dehidrasi. Dalam segelas air kelapa terkandung 5 mg gula alami, 25 mg natrium, dan 294 mg kalium.
Perlu diketahui, tubuh Anda kehilangan mineral saat berkeringat. Dengan mengonsumsi segelas air kelapa, Anda bisa mengembalikan mineral yang hilang tersebut.
Air kelapa juga mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi. John Isner, seorang atlet tenis profesional, menuturkan bahwa ia mengonsumsi air kelapa sebelum bertanding.
Menurutnya, air kelapa adalah minuman yang super menghidrasi tubuh dan menjaganya tetap fit walau dalam cuaca panas.



2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang merencanakan program diet, pastikan memasukan air kepala ke dalam menu harian Anda. Air kepala mengandung kalori rendah sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.
Air kelapa juga menyimpan kandungan serat yang akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan demikian Anda bisa mengurangi aktivitas ngemil.
Menurut penelitian, secangkir air kepala mengandung 45 kalori dan 2,6 gram serat. Terdapat pula kandungan enzim bioaktif yang berguna memperbaiki sistem pencernaan.
Penelitian lain menyebutkan air kelapa dapat meningkatkan metabolisme lemak di tubuh sehingga bagus Anda jadikan sebagai minuman diet.



3. Menjaga Kecantikan Kulit

Air kelapa sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar body lotion dan krim wajah karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Tak heran, air alami ini diklaim dapat melembabkan kulit, menghilangkan jerawat, dan mengatasi flek hitam.
Dalam secangkir air kelapa terkandung 24 mg vitamin C. Vitamin ini dapat meningkatkan produksi kolagen kulit yang bermanfaat untuk menjaga keelastisan kulit dan penyembuhan luka.
Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi kulit Anda dari efek buruk paparan sinar UV.
Air kelapa juga mengandung sitokinin, zat yang berguna sebagai anti aging (anti penuaan) dan mencegah keriput.
Anda bisa mengaplikasikannya secara eksternal dengan membasuhkan air kelapa pada wajah. Atau mengonsumsinya secara langsung untuk membantu perbaikan kulit dari dalam.




 Berbagai Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Terbaru
 Berbagai Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Terbaru




4. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu penyebab dari naiknya tekanan darah adalah ketidakseimbangan kadar elektrolit dalam tubuh.
Air kelapa mengandung mineral yang dapat membantu menjaga kadar eletrolit tetap seimbang. Dengan demikian, risiko hipertensi pun dapat dihindari.
Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh West Indian Medical Journal menjelaskan bahwa mauby dan air kelapa muda terbukti efektif mengobati hipertensi.



5. Meringankan Gejala Mabuk

Kita tahu bahwa alkohol bukanlah minuman sehat. Pengonsumsian alkohol dapat menimbulkan beragam efek samping bagi tubuh. Salah satunya mabuk.
Obat terbaik untuk mengatasi kondisi mabuk adalah air kelapa. Minuman ini dapat mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang karena diserap alkohol.
Air kelapa juga meningkatkan hidrasi tubuh dan mengandung antioksidan untuk mencegah kerusakan oksidatif.

Anda bisa membuat minuman smoothie untuk obat mabuk alami, caranya:

  • Siapkan segelas air kelapa muda
  • Tambahkan 1 sdm jus lemon, secangkir jus mangga
  • Aduk rata
  • Tambahkan es batu
  • Minuman bisa Anda nikmati
  • Minuman ini bisa langsung Anda konsumsi agar tubuh bisa fit kembali.




6. Berperan sebagai Diuretik

Manfaat air kelapa adalah perannya sebagai diuretik, yaitu membantu membersihkan limbah dalam tubuh dengan cara meningkatkan laju aliran urine.
Air kelapa juga mengandung zat kalium yang berguna mencegah batu ginjal dan meniminalisir risiko infeksi saluran kemih.
Untuk memperoleh manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi air kelapa 2 kali dalam sehari.





Berbagai Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Terbaru



7. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Air kelapa merupakan minuman yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Di dalam air kelapa terkandung serat dan asam amino yang dapat menyeimbangkan kadar gula darah.
Air kelapa juga melancarkan sirkulasi darah, mencegah terjadinya asterosklorosis (penyumbatan pada pembuluh darah), dan meredakan gejala kesemutan pada kaki.
Sebuah penelitian di Journal of Medicinal Foods pada 2015 lalu menyebutkan bahwa air kelapa dapat membantu mengatasi diaebetes.
Namun, Anda yang menderita diabetes tidak disarankan mengonsumsi air kelapa setiap hari. Rekomendasi pengonsumsian air kelapa tidak lebih dari 250 ml per dua hari.
Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi air kelapa murni tanpa tambahan bahan aditif. Tidak sulit, bukan?



8. Menyeimbangkan kadar pH Tubuh

Manfaat air kelapa muda juga sebagai penyeimbang kadar pH tubuh. Sejumlah pakar medis percaya bahwa pH memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.
pH adalah derajat keasaman cairan dalam tubuh. Idealnya, pH normal manusia berkisar 7,30-7,45. Apabila pH berada di bawah atau di atas  nilai tersebut, keseimbangan cairan tubuh akan terganggu.
Umumnya ketidakseimbangan pH dipicu oleh stres, mengonsumsi makanan asam atau basa berlebihan, dan paparan racun.
Dijelaskan dalam Prescription of Nutrional Healing, kondisi pH yang terlalu asam (di bawah 7,3) dapat menyebabkan terjadinya asidosis metabolik.
Sedangkan apabila pH terlalu basa (di atas 7,45) maka memicu alkalosis. Dalam tahap parah, kedua kondisi tersebut bisa menyebabkan koma bahkan kematian.
Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan pH tubuh dengan mengomsumsi makanan bergizi seimbang.
Dan salah satu yang direkomendasikan adalah air kelapa. Minuman ini memiliki kemampuan menjaga keseimbangan asam-basa dalam tubuh.



9. Lebih Sehat dari Jus Buah

Minum air kelapa mudaManfaat air kelapa untuk tubuh disebut-sebut lebih baik dari secangkir jus buah.
Menurut Academy of Nutrition and Diabetics, hal ini karena air kelapa memiliki kandungan nutrisi lengkap dengan kadar kalori rendah.
Sehingga dapat menyehatkan tubuh tanpa memicu penyakit degeneratif (seperti obesitas, jantung dan stroke).
Selain itu, air kelapa juga dianggap lebih sehat daripada minuman berenergi. Minuman ini mengandung rendah gula, namun tinggi potasium dan sodium.
Dengan demikian, sangat baik dalam menghidrasi serta mengembalikan energi tubuh Anda.
Buktinya, tak sedikit artis dan atlet luar negeri yang mengonsumsi air kelapa untuk menjaga daya tahan tubuh mereka.



10. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Selain  mengatasi diabetes, manfaat air kelapa lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut studi di Journal Medical Food, air kelapa terbukti menurunkan kadar lemak di tubuh tikus yang hiperkolesterol.



Air kelapa juga mengandung L-arginine. Senyawa ini memiliki banyak manfaat anyata lain:
  • membantu kerja ginjal mengeluarkan racun
  • menyembukan luka
  • meningkatkan kekebalan tubuh
  • menghambat pertumbuhan sel kanker
  • meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular.
  • Sekadar informasi, L-Arginin dapat dibentuk oleh tubuh. Tersedia juga dalam sejumlah makanan seperti susu, biji-bijian, ikan, kacang-kacangan, daging merah, dan daging unggas.




11. Mengoptimalkan Proses Detoksifikasi

Anda mungkin pernah mendengar saran, jika keracunan makanan maka konsumsilah air kepala. Ya, pendapat tersebut memang benar.
Faktanya, mengonsumsi air kelapa muda dapat membantu mengoptimalkan proses detoksifikasi tubuh.
Air kelapa muda kaya akan nutrisi, seperti protein, karbohidrat, mineral, vitamin dan antioksidan. Itulah mengapa minuman ini mampu meningkatkan kesehatan tubuh.
Umumnya, air kelapa muda digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional untuk mengatasi overdosis dan menetralisir racun dalam tubuh.



12. Sumber Vitamin B Kompleks

Air kelapa muda menjadi salah satu sumber vitamin B kompleks seperti B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), dan B9 (folat).

Vitamin B kompleks ini mengambil peranan penting bagi tubuh. Di antaranya adalah:
  • mengurangi risiko anemia selama kehamilan
  • mencegah penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah)
  • mencegah asterosklerosis
  • memperbaiki sistem syaraf
  • melancarkan sistem pencernaan










13. Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam air kelapa muda tidak ada kandungan lemak jenuh ataupun kolesterol sehingga aman dikonsumsi oleh semua orang. Air alami ini juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.
Menurut sebuah penelitian di Medical Food, efek air kelapa muda pada tikus dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik.
HDL dapat mengatasi kondisi pembuluh darah yang tersumbat, mencegah gagal jantung dan penyakit jantung koroner.



14. Obat Alami Sakit Kepala

Salah satu pemicu sakit kepala adalah dehidrasi. Air kelapa kaya akan elektrolit yang mampu menghidrasi tubuh. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobatai sakit kepala.
Selain itu, air kelapa muda juga mengandung magnesium dan kalium. Kedua mineral tersebut dipercaya dapat meredakan nyeri kepala yang diakibatkan kelelahan.
Hal ini terbukti dengan adanya penelitian yang menyebutkan bahwa magnesium mampu menurunkan gejala migrain.



15. Sumber Antioksidan

Air kelapa muda adalah sumber antioksidan yang baik. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan mengeluarkan racun-racun dari tubuh.
Dengan mengonsumsi air kelapa muda, daya tahan tubuh akan meningkat. Kulit juga tampak lebih sehat, berkilau, dan awet muda.



Itulah
Berbagai Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan Terbaru

Semoga menambah ilmu dan bermanfaat sahabat
Back To Top