Cara Mengatasi Nyeri Tamu Bulanan

Cara Mengatasi Nyeri Tamu Bulanan


Nyeri haid biasa menyerang bagian perut, pinggang hingga selangka. Bentuk rasa sakit dapat berupa kram pada daerah tersebut, mual, muntah, sakit kepala, hingga diare. Kadar sakit bervariasi dipengaruhi oleh derasnya aliran darah, usia (wanita dibawah 20 tahun atau pertama menstruasi dapat merasa lebih sakit) hingga endometriosis (jaringan yang seharusnya ada dalam rahim tumbuh keluar).


Berikut Cara Mengatasi Nyeri Tamu Bulanan

Minum air putih

Minum air putih yang banyak pasti adalah anjuran yang sudah tidak asing didengar. Tetapi memang, minum air putih banyak manfaatnya, termasuk untuk mengurangi nyeri haid. Air putih hangat biasanya lebih baik untuk mengatasi kram, karena cairan hangat meningkatkan kelancaran peredaran darah ke kulit dan membantu merelaksasikan otot yang kram.



Ubah Posisi

Cara menghilangkan nyeri haid termudah adalah dengan perubahan posisi tubuh yang memperlancar aliran darah sehingga rasa sakit berkurang. Anda dapat berbaring, menaruh bantal dibawah lutut dan angkat kedua kaki. Atau berbaring menyamping dengan siku di dada, posisi seperti bayi dalam kandungan, juga bisa dicoba untuk meredakan nyeri punggung.

Menggunakan kompres panas

Mengompres perut atau pinggang dengan kompresan panas bisa mengurangi rasa sakit saat Anda sedang mengalami tamu bulanan. Kalau Anda tidak punya alat pemanasnya, Anda bisa membasahi handuk dengan air panas dan meletakkannya di perut atau pinggang anda.

Teh Herbal

Beberapa tumbuhan herbal seperti jahe dan kayumanis mengandung senyawa anti-kram dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi kontraksi otot terkait nyeri haid. Seperti, teh chamomile, kayumanis, dan jahe.

Minum Jamu

Banyak wanita, khususnya ibu-ibu yang mempercayakan kesehatannya pada obat tradisional atau jamu karena cara menghilangkan nyeri tamu bulanan dengan herbal memang kadang terbukti sangat ampuh dan efektif. Kamu dapat membuat sendiri jamu itu di rumah dengan bahan 15 sampai 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit, dan 600 cc air. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan merebusnya. Sisakan air hingga menjadi setengah baru kemudian disaring terlebih dahulu. Air ramuan itu bisa langsung diminum dua kali per hari. Inilah cara menghilangkan nyeri haid secara alami.

Demikian beberapa informasi mengenai cara menghilangkan nyeri tamu bulanan yang bisa kamu coba.
Back To Top